Langsung ke konten utama

Materi Matematika Sekolah Dasar K13

๐Ÿ™ŒMateri Pokok Matematika SD Kelas I (satu)

3.1   BILANGAN CACAH sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek.

3.2  BILANGAN SAMPAI DUA ANGKA dan NILAI TEMPAT penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.

3.3 Membandingkan dua BILANGAN SAMPAI DUA ANGKA dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret.

3.4PENJUMLAHAN dan PENGURANGAN BILANGAN yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.

3.5 Mengenal POLA BILANGAN yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya.

3.6 Mengenal BANGUN RUANG dan BANGUN DATAR dengan menggunakan berbagai benda konkret.

3.7         Mengidentifikasi BANGUN DATAR yang dapat disusun membentuk pola pengubinan.

3.8 Mengenal dan menentukan PANJANG dan BERAT DENGAN SATUAN TIDAK BAKU menggunakan benda/situasi konkret.

3.9      Membandingkan PANJANG, BERAT, LAMANYA WAKTU, dan SUHU menggunakan benda/ situasi konkret.

๐Ÿ™ŒMateri Pokok Matematika SD Kelas II (dua)

3.1    Makna BILANGAN CACAH dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya

3.2  Membandingkan dua BILANGAN CACAH dan Mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya.

3.3  PENJUMLAHAN dan PENGURANGAN BILANGAN YANG MELIBATKAN BILANGAN CACAH sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.

3.4         PERKALIAN dan PEMBAGIAN YANG MELIBATKAN BILANGAN CACAH dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

3.5         NILAI dan KESETARAAN PECAHAN MATA UANG.

3.6     Menentukan PANJANG (TERMASUK JARAK), BERAT, dan WAKTU dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

3.7         PECAHAN menggunakan benda-benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.

3.8         RUAS GARIS dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang.

3.9         BANGUN DATAR dan BANGUN RUANG berdasarkan ciri-cirinya. Mengklasifikasi bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.

3.10      POLA BARISAN BANGUN DATAR dan BANGUN RUANG menggunakan gambar atau benda konkret.

๐Ÿ™ŒMateri Pokok Matematika SD Kelas III (tiga)

3.1          Sifat-sifat OPERASI HITUNG PADA BILANGAN CACAH.

3.2       BILANGAN CACAH dan PECAHAN SEDERHANA (seperti 1212, 1313, dan 1414) yang disajikan pada garis bilangan.

3.3         Menyatakan suatu bilangan sebagai JUMLAH, SELISIH, HASIL KALI, ATAU HASIL BAGI DUA BILANGAN CACAH.

3.4         Menggeneralisasi ide PECAHAN SEBAGAI BAGIAN DARI KESELURUHAN menggunakan benda-benda konkret.

3.5         PENJUMLAHAN dan PENGURANGAN PECAHAN berpenyebut sama.

3.6         Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar SATUAN BAKU UNTUK PANJANG, BERAT, dan WAKTU yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

3.7        LUAS dan VOLUME DALAM SATUAN TIDAK BAKU dengan menggunakan benda konkret.

3.8    SIMETRI LIPAT dan SIMETRI PUTAR PADA BANGUN DATAR menggunakan benda konkret.

3.9         KELILING BANGUN DATAR.

3.10  SUDUT, JENIS SUDUT (SUDUT SIKU-SIKU, SUDUT LANCIP, dan SUDUT TUMPUL), dan SATUAN PENGUKURAN TIDAK BAKU.

3.11        Menganalisis berbagai BANGUN DATAR berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.

3.12       DATA BERKAITAN DENGAN DIRI PESERTA DIDIK yang disajikan dalam diagram gambar.

๐Ÿ™ŒMateri Pokok Matematika SD Kelas IV (empat)

3.1          PECAHAN-PECAHAN SENILAI dengan gambar dan model konkret.

3.2         BENTUK PECAHAN (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya.

3.3         JUMLAH, SELISIH, HASIL KALI, dan HASIL BAGI DUA BILANGAN CACAH maupun pecahan dan desimal.

3.4         FAKTOR dan KELIPATAN SUATU BILANGAN.

3.5         BILANGAN PRIMA.

3.6         FAKTOR PERSEKUTUAN, FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB), KELIPATAN PERSEKUTUAN, dan KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

3.7         Pembulatan hasil PENGUKURAN PANJANG dan BERAT ke satuan terdekat.

3.8         Sifat-sifat SEGIBANYAK BERATURAN dan SEGIBANYAK TIDAK BERATURAN.

3.9         KELILING dan LUAS PERSEGI, PERSEGIPANJANG, dan SEGITIGA serta HUBUNGAN PANGKAT DUA DENGAN AKAR PANGKAT DUA.

3.10      HUBUNGAN ANTAR GARIS (SEJAJAR, BERPOTONGAN, BERHIMPIT) menggunakan model konkret.

3.11        DATA DIRI PESERTA DIDIK dan LINGKUNGANNYA yang disajikan dalam bentuk diagram batang.

3.12       UKURAN SUDUT PADA BANGUN DATAR dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat.

๐Ÿ™ŒMateri Pokok Matematika SD Kelas V (lima)

3.1          PENJUMLAHAN dan PENGURANGAN DUA PECAHAN dengan penyebut berbeda.

3.2         PERKALIAN dan PEMBAGIAN PECAHAN dan DESIMAL.

3.3         PERBANDINGAN DUA BESARAN YANG BERBEDA (kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu).

3.4         SKALA MELALUI DENAH.

3.5         VOLUME BANGUN RUANG dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta HUBUNGAN PANGKAT TIGA DENGAN AKAR PANGKAT TIGA.

3.6         JARING-JARING BANGUN RUANG SEDERHANA (kubus dan balok).

3.7         DATA YANG BERKAITAN DENGAN DIRI PESERTA DIDIK ATAU LINGKUNGAN sekitar serta cara pengumpulannya.

3.8         PENYAJIAN DATA YANG BERKAITAN DENGAN DIRI PESERTA DIDIK dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis.

๐Ÿ™ŒMateri Pokok Matematika SD Kelas VI (enam)

3.1          BILANGAN BULAT NEGATIF (termasuk menggunakan garis bilangan).

3.2         OPERASI PENJUMLAHAN, PENGURANGAN, PERKALIAN, dan PEMBAGIAN yang melibatkan bilangan bulat negatif.

3.3         OPERASI HITUNG CAMPURAN yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.

3.4         TITIK PUSAT, JARI-JARI, DIAMETER, BUSUR, TALI BUSUR, TEMBERENG, dan JURING.

3.5         Taksiran KELILING dan LUAS LINGKARAN.

3.6         Membandingkan PRISMA, TABUNG, LIMAS, KERUCUT, dan BOLA.

3.7         BANGUN RUANG YANG MERUPAKAN GABUNGAN DARI BEBERAPA BANGUN RUANG, serta luas permukaan dan volumenya.

3.8         MODUS, MEDIAN, dan MEAN DARI DATA TUNGGAL untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data.

 

 

 

 

Komentar

  1. sumber https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.defantri.com/2018/07/urutan-materi-pokok-matematika-sd-kurikulum-2013.html%3Fm%3D1&ved=2ahUKEwi3yODp8d7xAhX4H7cAHZI2B6gQFnoECAMQAQ&usg=AOvVaw0BTm2ubb9dAPTu-CDZCC9t

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATEMATIKA DISKRIT (FUNGSI PEMBANGKIT)

 Link latihan soal dan pembahasan lengkap dari mathcyber bikin kamu makin lhas lhes ngerjain. Gak ketulungan pahamnya๐Ÿ˜ (parah juga ane bikin kata"๐Ÿ˜ฌ) Link video materi fungsi pembangkit yang mahami abiiss๐Ÿ˜‹ ๐Ÿ’…Fungsi Pembangkit Biasa (FPB) dan Fungsi Pembangkit Eksponen (FPE) Bagian 1: https://mathcyber1997.com/soal-latihan-fungsi-pembangkit-dasar/ Bagian 2: https://mathcyber1997.com/soal-latihan-fungsi-pembangkit-dasar-part-2/ ๐Ÿ’…Fungsi Pembangkit masalah kombinasi (menggunakan FPB) https://mathcyber1997.com/soal-latihan-fungsi-pembangkit-untuk-kombinasi/ materi: https://youtu.be/acvOkhUzdCs ๐Ÿ’…Fungsi Pembangkit masalah permutasi (menggunakan FPE) https://mathcyber1997.com/latihan-soal-fungsi-pembangkit-untuk-permutasi/ materi: https://youtu.be/lv3Xrnm6x-8 ๐ŸŒด๐Ÿผ๐Ÿผ๐ŸŒด๐Ÿผ๐Ÿผ๐ŸŒด ๐Ÿผ๐Ÿผ๐Ÿผ๐Ÿผ๐Ÿผ๐Ÿผ๐Ÿผ ๐Ÿผ๐Ÿผ๐Ÿผ๐Ÿผ๐Ÿผ๐Ÿผ๐Ÿผ ๐ŸŒด๐Ÿผ๐Ÿผ๐Ÿผ๐Ÿผ๐Ÿผ๐ŸŒด ๐ŸŒด๐ŸŒด๐Ÿผ๐Ÿผ๐Ÿผ๐ŸŒด๐ŸŒด ๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐Ÿผ๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด naration: @stood_at

Quotes : How Owl sees the world (karya: Alam Syah Pratama)

Tanyakan pada diri sendiri untuk memahami siapa kita dan apa tujuan kita Apa yang menyenangkan Apa yang saya inginkan? Apa kekuatan saya dan kelemahan saya? Saya adalah seorang yang? Saya ingin menjadI orang yang? Saya ingin orang lain menganggap saya sebagai orang yang TRAVEL FAR ENOUGH, YOU MEET YOURSELF ITโ€™S REALLY IMPORTANT TO KNOW ABOUT YOURSELF Wrong is wrong, even if everyone is doing it Right is right, even if only you are doing it Sometimes you need to look at life from a different respective Creativity is just connecting things. When you ask creative people how they did something, they feel a little guilty because they didnโ€™t really do it, they just saw something Steve Jobs When you make a creativity not everyone will understand but the one who do will never forget about you Jangan batasi diri kita untuk terus berkarya, jangan jadikan keterbatasan apapun sebagai alasan untuk kita tidakberkarya. Selalu lihat sesuatu dengan cara pandang berbeda, se...

note: Buku (lupa judul nye)

  BERKACALAH SIAPA DIRI ANDA Cintailah yang hidup dan kehidupan akan mencintai Anda. Cintailah sesamamu, maka mereka akan mencintaimu-Arthur Rubinstein Setiap manusia harus memutuskan: Berjalan dalam ruang kreatif berbagi, atau dalam ruang gelap egoisme yang merusak.- Martin Luther King Jr. Seorang pengelana tak akan pernah punya rencana yang kaku. Ia juga tak merencanakan dimana akan beristirahat-LaoTzu Setiap orang punya hak untuk menjadi pemenang, tetapi sedikit sekali yang mempersiapkan dirinya sungguh-sungguh untuk menjadi pemenang-Vince Lombardi Kesuksesan besar dapat terjadi jika kita berani berkaca kepada diri sendiri, apakah Anda tipe orang yang berani tampil di depan atau Anda berani hanya dalam konsep? Konsep tanpa action hanya akan menghasilkan sesuatu yang sia sia. Setiap orang ingin mendapatkan hasil yang besar. Banyak yang tak menyadari segala yang besar dibangun dari hal-hal kecil-Frank Clark Pada setiap dinding selalu ada pintunya. Datangi dan ketukl...