๐Materi Pokok Matematika SD Kelas I (satu)
3.1 BILANGAN CACAH sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan
objek.
3.2 BILANGAN SAMPAI DUA ANGKA dan NILAI TEMPAT penyusun lambang bilangan
menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
3.3 Membandingkan dua BILANGAN SAMPAI DUA ANGKA dengan menggunakan
kumpulan benda-benda konkret.
3.4. PENJUMLAHAN dan PENGURANGAN BILANGAN yang melibatkan bilangan cacah
sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan
pengurangan.
3.5 Mengenal POLA BILANGAN yang berkaitan dengan kumpulan
benda/gambar/gerakan atau lainnya.
3.6 Mengenal BANGUN RUANG dan BANGUN DATAR dengan menggunakan berbagai
benda konkret.
3.7
Mengidentifikasi BANGUN DATAR yang dapat disusun membentuk pola
pengubinan.
3.8 Mengenal dan menentukan PANJANG dan BERAT DENGAN SATUAN TIDAK BAKU menggunakan
benda/situasi konkret.
3.9 Membandingkan PANJANG, BERAT, LAMANYA WAKTU, dan SUHU menggunakan
benda/ situasi konkret.
๐Materi Pokok
Matematika SD Kelas II (dua)
3.1 Makna BILANGAN CACAH dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai
tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
3.2 Membandingkan dua BILANGAN CACAH dan Mengurutkan bilangan-bilangan
dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya.
3.3 PENJUMLAHAN dan PENGURANGAN BILANGAN YANG MELIBATKAN BILANGAN CACAH sampai
dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan
pengurangan.
3.4
PERKALIAN dan PEMBAGIAN YANG MELIBATKAN BILANGAN CACAH dengan hasil kali
sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan
pembagian.
3.5
NILAI dan KESETARAAN PECAHAN MATA UANG.
3.6 Menentukan PANJANG (TERMASUK JARAK), BERAT, dan WAKTU dalam satuan
baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
3.7
PECAHAN menggunakan benda-benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.
3.8
RUAS GARIS dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun
ruang.
3.9
BANGUN DATAR dan BANGUN RUANG berdasarkan ciri-cirinya. Mengklasifikasi
bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
3.10
POLA BARISAN BANGUN DATAR dan BANGUN RUANG menggunakan gambar atau benda
konkret.
๐Materi Pokok
Matematika SD Kelas III (tiga)
3.1
Sifat-sifat OPERASI HITUNG PADA BILANGAN CACAH.
3.2 BILANGAN CACAH dan PECAHAN SEDERHANA (seperti 1212, 1313,
dan 1414) yang disajikan pada garis bilangan.
3.3
Menyatakan suatu bilangan sebagai JUMLAH, SELISIH, HASIL KALI, ATAU
HASIL BAGI DUA BILANGAN CACAH.
3.4
Menggeneralisasi ide PECAHAN SEBAGAI BAGIAN DARI KESELURUHAN menggunakan
benda-benda konkret.
3.5
PENJUMLAHAN dan PENGURANGAN PECAHAN berpenyebut sama.
3.6
Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar SATUAN BAKU UNTUK
PANJANG, BERAT, dan WAKTU yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.7 LUAS dan VOLUME DALAM SATUAN TIDAK BAKU dengan menggunakan benda konkret.
3.8 SIMETRI LIPAT dan SIMETRI PUTAR PADA BANGUN DATAR menggunakan benda
konkret.
3.9
KELILING BANGUN DATAR.
3.10 SUDUT, JENIS SUDUT (SUDUT SIKU-SIKU, SUDUT LANCIP, dan SUDUT TUMPUL), dan
SATUAN PENGUKURAN TIDAK BAKU.
3.11
Menganalisis berbagai BANGUN DATAR berdasarkan sifat-sifat yang
dimiliki.
3.12
DATA BERKAITAN DENGAN DIRI PESERTA DIDIK yang disajikan dalam diagram
gambar.
๐Materi Pokok
Matematika SD Kelas IV (empat)
3.1
PECAHAN-PECAHAN SENILAI dengan gambar dan model konkret.
3.2
BENTUK PECAHAN (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di
antaranya.
3.3
JUMLAH, SELISIH, HASIL KALI, dan HASIL BAGI DUA BILANGAN CACAH maupun
pecahan dan desimal.
3.4
FAKTOR dan KELIPATAN SUATU BILANGAN.
3.5
BILANGAN PRIMA.
3.6
FAKTOR PERSEKUTUAN, FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB), KELIPATAN
PERSEKUTUAN, dan KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) dari dua bilangan
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
3.7
Pembulatan hasil PENGUKURAN PANJANG dan BERAT ke satuan terdekat.
3.8
Sifat-sifat SEGIBANYAK BERATURAN dan SEGIBANYAK TIDAK BERATURAN.
3.9
KELILING dan LUAS PERSEGI, PERSEGIPANJANG, dan SEGITIGA serta HUBUNGAN
PANGKAT DUA DENGAN AKAR PANGKAT DUA.
3.10
HUBUNGAN ANTAR GARIS (SEJAJAR, BERPOTONGAN, BERHIMPIT) menggunakan model
konkret.
3.11
DATA DIRI PESERTA DIDIK dan LINGKUNGANNYA yang disajikan dalam bentuk
diagram batang.
3.12
UKURAN SUDUT PADA BANGUN DATAR dalam satuan baku dengan menggunakan busur
derajat.
๐Materi Pokok
Matematika SD Kelas V (lima)
3.1
PENJUMLAHAN dan PENGURANGAN DUA PECAHAN dengan penyebut berbeda.
3.2
PERKALIAN dan PEMBAGIAN PECAHAN dan DESIMAL.
3.3
PERBANDINGAN DUA BESARAN YANG BERBEDA (kecepatan sebagai perbandingan
jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu).
3.4
SKALA MELALUI DENAH.
3.5
VOLUME BANGUN RUANG dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus
satuan) serta HUBUNGAN PANGKAT TIGA DENGAN AKAR PANGKAT TIGA.
3.6
JARING-JARING BANGUN RUANG SEDERHANA (kubus dan balok).
3.7
DATA YANG BERKAITAN DENGAN DIRI PESERTA DIDIK ATAU LINGKUNGAN sekitar
serta cara pengumpulannya.
3.8
PENYAJIAN DATA YANG BERKAITAN DENGAN DIRI PESERTA DIDIK dan membandingkan
dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar
(piktogram), diagram batang, atau diagram garis.
๐Materi Pokok
Matematika SD Kelas VI (enam)
3.1
BILANGAN BULAT NEGATIF (termasuk menggunakan garis bilangan).
3.2
OPERASI PENJUMLAHAN, PENGURANGAN, PERKALIAN, dan PEMBAGIAN yang
melibatkan bilangan bulat negatif.
3.3
OPERASI HITUNG CAMPURAN yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau
desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
3.4
TITIK PUSAT, JARI-JARI, DIAMETER, BUSUR, TALI BUSUR, TEMBERENG, dan
JURING.
3.5
Taksiran KELILING dan LUAS LINGKARAN.
3.6
Membandingkan PRISMA, TABUNG, LIMAS, KERUCUT, dan BOLA.
3.7
BANGUN RUANG YANG MERUPAKAN GABUNGAN DARI BEBERAPA BANGUN RUANG, serta
luas permukaan dan volumenya.
3.8
MODUS, MEDIAN, dan MEAN DARI DATA TUNGGAL untuk menentukan nilai mana
yang paling tepat mewakili data.
sumber https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.defantri.com/2018/07/urutan-materi-pokok-matematika-sd-kurikulum-2013.html%3Fm%3D1&ved=2ahUKEwi3yODp8d7xAhX4H7cAHZI2B6gQFnoECAMQAQ&usg=AOvVaw0BTm2ubb9dAPTu-CDZCC9t
BalasHapus