Langsung ke konten utama

WORKSHOP MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE MATEMATIKA (LINK YOUTUBE) PMTK universitas Pekalongan

DESMOS GRAPHING CALCULATOR 

Desmos Graphing Calculator adalah aplikasi penggambar grafik berbasis web yang dapat juga digunakan sebagai platform pembelajaran online. Untuk lebih memahami tentang Desmos Graphing Calculator, mari  pelajari video tutorial berikut dengan alamat link:

1.      Video pertama : Mengenal Desmos Graphing Calculator https://youtu.be/nmqI6X58eEA

2.       Video kedua : Classroom Activity Pada Desmos Untuk Pembelajaran Jarak Jauh https://youtu.be/qqwF32961X8

3.       Video Ketiga : Tutorial Membuat Classroom Activity pada Desmos https://youtu.be/-E5fy1CMSxA

POWTOON

Powtoon adalah software berbasis web yang digunakan sebagai media presentasi yang memiliki fitur animasi yang sangat menarik.  Untuk lebih memahami tentang Powtoon, mari  pelajari video tutorial berikut dengan alamat link:

1.       Powtoon : Teknik dasar https://youtu.be/DI6O7BjvTeE

2.       Powtoon : Menambahkan Equation tanpa Snipping Tool https://youtu.be/nwtLN823c78

3.       Powtoon: Trik melakukan refleksi https://youtu.be/R20RkpVeNXk

4.       Powtoon : Trik melakukan translasi/pergeseran https://youtu.be/MS-R9ZxUvLg

5.       Powtoon : Trik Melakukan Dilatasi https://youtu.be/b4e6BFyBR-Q

WHITE BOARD ANIMATION

Untuk lebih memahami tentang White Board Animation, mari  pelajari video tutorial berikut dengan alamat link: https://www.youtube.com/watch?v=cKhuUC4i-bw

video untuk instalasi videoscribe https://youtu.be/iCcJRYKBS7k , perkenalan https://youtu.be/4V_hOJJmao8

Persyaratan minimum komputer/ laptop yang dibutuhkan untuk menggunakan VideoScribe: 

a. Operating system Windows XP/Vista/7/8/8.1/10 (32 and 64 bit) 

b. 900 MHz processor c. 512 MB RAM d. 1024 x 768 screen resolution 

    Cara menginstall:

a. Pastikan sudah memiliki akun Sparkol VideoScribe, jika belum memiliki daftar ke https://my.sparkol.com/signup

b.      Install terlebih dahulu Sparkol VideoScribe versi sesuai yang dimiliki hingga selesai

c.     Apabila sudah selesai jalankan VideoScribe. Untuk praktik kali ini kita menggunakan Sparkol VideoScribe versi 2.3. aplikasi saya sediakan melalui drive.

LATEX

Program LaTeX dapat dijalankan secara offline dan online. Untuk versi online dapat digunakan website: https://www.overleaf.com/ 

Untuk versi offline dapat dilihat di link di bawah ini.

https://bit.ly/instalLaTeX

https://www.youtube.com/watch?v=jNWTNKYGi2o

https://www.youtube.com/watch?v=pxgyJ11jk_I

https://www.youtube.com/watch?v=W1kzLeTytHc

Video di link di bawah ini memuat Materi pelengkap: Dasar-dasar LaTeX yang digunakan untuk melengkapi Materi Inti. Materi di video tersebut memuat Apa itu laTeX?, Cara membuat dokumen pertama kali dengan cara offline dan online, sampai Pengaturan teks. Bagi peserta yang sudah kenal dengan LaTeX, dapat langsung membahas Materi Inti. (Keterangan: Untuk mendownload beamer / file presentasi di video tersebut, dapat digunakan link: https://bit.ly/3fgBJ43)

EDMODO

Platfrom dimana guru dan siswa dapat berbagi catatan, tautan dan dokumen. Untuk lebih memahami tentang Edmodo, mari  pelajari video tutorial berikut dengan alamat link:

https://www.youtube.com/watch?v=8ZxlRXqWSMk&t=124s

QUIZIZZ

Quizizz adalah sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Untuk lebih memahami tentang Quizizz, mari pelajari video tutorial berikut dengan alamat link:  

https://www.youtube.com/watch?v=77blLOI4_-s

GOOGLE FORM

Google Form adalah inovasi dari Google Docs untuk membuat pertanyaan berupa soal ujian, kuisoner, maupun formulir pendaftaran sebuah acara secara online melalui Google. Untuk lebih memahami tentang Google Form, mari pelajari video tutorial berikut dengan alamat link:  

https://www.youtube.com/watch?v=Zm38NYH874M&t=38s 

https://www.youtube.com/watch?v=UyuuoomXFBo&t=4s  https://www.youtube.com/watch?v=CgYNvfHkmxc

SOCRATIVE

Socrative merupakan student response system (SRS) yang memungkinkan guru untuk membuat kuis atau permainan interaktif yang melibatkan siswa secara langsung atau real time. Dengan Socrative, guru dapat membuat kuis dengan model pilihan ganda, benar atau salah, dan isian singkat. Untuk lebih memahami tentang Socrative, mari pelajari video tutorial berikut dengan alamat link:  

https://www.youtube.com/watch?v=jMGvlbcL-hc

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Quotes : How Owl sees the world (karya: Alam Syah Pratama)

Tanyakan pada diri sendiri untuk memahami siapa kita dan apa tujuan kita Apa yang menyenangkan Apa yang saya inginkan? Apa kekuatan saya dan kelemahan saya? Saya adalah seorang yang? Saya ingin menjadI orang yang? Saya ingin orang lain menganggap saya sebagai orang yang TRAVEL FAR ENOUGH, YOU MEET YOURSELF IT’S REALLY IMPORTANT TO KNOW ABOUT YOURSELF Wrong is wrong, even if everyone is doing it Right is right, even if only you are doing it Sometimes you need to look at life from a different respective Creativity is just connecting things. When you ask creative people how they did something, they feel a little guilty because they didn’t really do it, they just saw something Steve Jobs When you make a creativity not everyone will understand but the one who do will never forget about you Jangan batasi diri kita untuk terus berkarya, jangan jadikan keterbatasan apapun sebagai alasan untuk kita tidakberkarya. Selalu lihat sesuatu dengan cara pandang berbeda, se

Contoh Soal dan Jawaban Sifat Aljabar Bilangan Real

Materi Matematika Sekolah Dasar K13

šŸ™ŒMateri Pokok Matematika SD Kelas I (satu) 3.1     BILANGAN CACAH sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek. 3.2    BILANGAN SAMPAI DUA ANGKA dan NILAI TEMPAT penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya. 3.3   Membandingkan dua BILANGAN SAMPAI DUA ANGKA dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret. 3.4 .  PENJUMLAHAN dan PENGURANGAN BILANGAN yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan. 3.5   Mengenal POLA BILANGAN yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya. 3.6   Mengenal BANGUN RUANG dan BANGUN DATAR dengan menggunakan berbagai benda konkret. 3.7          Mengidentifikasi BANGUN DATAR yang dapat disusun membentuk pola pengubinan. 3.8   Mengenal dan menentukan PANJANG dan BERAT DENGAN SATUAN TIDAK BAKU menggunakan benda/situasi konkret. 3.9        Membandingkan PANJANG, BERAT, LAMANYA WAKTU, dan SUHU menggunak