Langsung ke konten utama

Quotes dalam Buku "Mutiara Hati" Karya M. Quraish Shihab



Quotes dalam Buku "Mutiara Hati" Karya M. Quraish Shihab



YANG MENGHERANKAN
Sangat aneh dan mengherankan jika anda mengenal Allah, lalu tidak mencintainya; atau tidak mendengar panggilan-Nya, kemudian tidak memenuhinya. Sangat aneh bila anda mengetahui betapa besar keuntungan berinterasi dengannya, lalu anda berinterasi dengan selain-Nya; mengetahui betapa murka-Nya, lalu anda membelakangi-Nya, dan lebih aneh lagi jika anda yakin bahwa anda membutuhkan-Nya, lalu anda menghindar dari-Nya. (HAL 16)

MENGAJAR ANAK
“Dirahmati Allah siapa yang bisa membantu anaknya berbakti,” “Bagaimana itu Nabi?” tanya sahabat beliau; “Menerima apa yang mudah dilakukan anaknya, tidak menuntut darinya apa yang menyulitkannya,” demikian jawab Nabi saw.
Jika anak dibebani melebihi kemampuannya, maka dia belajar berbohong Jika dihina, ia tumbuh rendah diri; jika dipermaluan, ia selalu merasa bersalah; dan jika ia hidup dalam keluarga atau  lingkungan permusuhan, ia belajar berkelahi atau paling tidak bertengkar; Begitu kata orang bijak (HAL 68)

WAKTU
Jangan duga sedetik dari waktu anda, nihil nilainya. Usia kita adalah kumpulan detik demi detik. Lengah sedetik dapat meluputkan manfaat atau  mengakibatan mudharat.
Sabda Nabi: “Sungguh di Hari Kemudian nanti banyak yang menyesal mengapa ada peluang untuk mengucapkan subhanallah, Mahasuci Allah, tetapi lidah diam membisu dan lebih rugi lagi yang menggunakan detik itu untuk suatu keburukan (HAL 52)

TIGA KEISTIMEWAAN POKOK MANUSIA
Manusia paling tidak, memiliki tiga keistimewaan; akal, kemampuan bereskpresi, dan hati. Dengan akal manusia dapat meraih ilmu, dengan berespresi dia dapat memberi ilmu, dan dengan hati dia dapat peka sehingga malu melakukan kesalahan. Dengan ketiganya ia mencapai takwa dan dengan takwa ia  meraih kebahagiaan dunia dan akhirat (HAL 54)

DAMPAK ANEKA AKTIVITAS
...Siapa yang diam  akan selamat. Siapa yang tidak menguasai lidahnya akan menyesal. Ketergelinciran lidah dapat melayangkan kepala, sedang ketergelinciran kaki sembuh setelah beberapa masa. (HAL 55)

TADARUS
Dalam bertadarus jalinlah persahabatan dengan Al-Quran “Sahabat” akan menyampaikan kepada sahabatnya rahasia-rahasianya, yang tidak disampaikan kepada siapa yang sekadar berkenalan dengannya. Yakinlah bahwa jika anda bersahabat dengannya dan bermohon kepada Allah, pasti yang anda peroleh lebih banyak dari usaha anda Jalinan persahabatan ini dibina oleh kejernihan motivasi dan jauh dari kecurigaan terhadap sahabat. (HAL 78)

MAKNA KEKHALIFAHAN
Manusia adalah khalifah di bumi, yang ditugaskan Allah memakmurkannya dalam bingkai pengabdian kepada-Nya kekhalifahan menuntut kita berperan memelihara dan mengantar setiap makhluk menuju tujuan penciptaannya karena itulah tujuan kehadirannya sekaligus makna kekhalifahan kita Allah berfirman: “Dia telah menciptakan buat kamu segala yang terhidang di langit dan bumi, dan sungguh kamu pasti akan dimintai pertanggungjawaban atas segala hal yang kamu nikmati”.

TIDAK KECEWA YANG BERMUSYAWARAH
Tidak akan kecewa siapa yang bermusyawarah. Tidak juga menyesal siapa yang beristiharah/memohon bantuan Allah. Menjadi kewajiban setiap yang berakal untuk menguji dan menggabung pendapatnya dengan pendapat orang-orang yang berakal, karena musyawarah adalah mencari madu/pendapat yang baik, siapa pun yang menemukannya, sebagaimana menjadi keharusan setiap cendekiawan untuk menghimpun ilmunya dengan ilmu cendekiawan lain, karena di atas setiap yang berilmu ada yang melebihinya. Jika hanya ada satu cermin dihadapan anda, hanya satu sosok yang ditampilkan, tetapi jika digabungkan cermin itu dengan yang lain, maka akan tampil sejumlah sosok.

KEIKHLASAN
Nabi bersabda: ”Semua manusia dalam bahaya kecuali yang beramal. Semua yang beramal dalam bahaya kecuali yang amalnya saleh, yakni bermanfaat. Semua yang beramal saleh dalam bahaya kecuali yang tulus, tanpa pamrih. Yang merasa tulus pun masih dalam bahaya karena riya dan pamrih mengalir dalam diri manusia bagaikan aliran darah di dalam tubuh Ia mengalir tanpa disadari, atau ia bagaikan semut hitam, yang melangkah di batu yang licin pada malam yang kelam”.
Manusia tidak diperintahkan Allah kecuali beribadah kepada-Nya dengan penuh keikhlasan  (QS Al-Bayyinah [98]:5) (HAL 114)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Quotes : How Owl sees the world (karya: Alam Syah Pratama)

Tanyakan pada diri sendiri untuk memahami siapa kita dan apa tujuan kita Apa yang menyenangkan Apa yang saya inginkan? Apa kekuatan saya dan kelemahan saya? Saya adalah seorang yang? Saya ingin menjadI orang yang? Saya ingin orang lain menganggap saya sebagai orang yang TRAVEL FAR ENOUGH, YOU MEET YOURSELF IT’S REALLY IMPORTANT TO KNOW ABOUT YOURSELF Wrong is wrong, even if everyone is doing it Right is right, even if only you are doing it Sometimes you need to look at life from a different respective Creativity is just connecting things. When you ask creative people how they did something, they feel a little guilty because they didn’t really do it, they just saw something Steve Jobs When you make a creativity not everyone will understand but the one who do will never forget about you Jangan batasi diri kita untuk terus berkarya, jangan jadikan keterbatasan apapun sebagai alasan untuk kita tidakberkarya. Selalu lihat sesuatu dengan cara pandang berbeda, se

Contoh Soal dan Jawaban Sifat Aljabar Bilangan Real

Materi Matematika Sekolah Dasar K13

🙌Materi Pokok Matematika SD Kelas I (satu) 3.1     BILANGAN CACAH sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek. 3.2    BILANGAN SAMPAI DUA ANGKA dan NILAI TEMPAT penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya. 3.3   Membandingkan dua BILANGAN SAMPAI DUA ANGKA dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret. 3.4 .  PENJUMLAHAN dan PENGURANGAN BILANGAN yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan. 3.5   Mengenal POLA BILANGAN yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya. 3.6   Mengenal BANGUN RUANG dan BANGUN DATAR dengan menggunakan berbagai benda konkret. 3.7          Mengidentifikasi BANGUN DATAR yang dapat disusun membentuk pola pengubinan. 3.8   Mengenal dan menentukan PANJANG dan BERAT DENGAN SATUAN TIDAK BAKU menggunakan benda/situasi konkret. 3.9        Membandingkan PANJANG, BERAT, LAMANYA WAKTU, dan SUHU menggunak